Memilih Software untuk Belajar Program !



Setelah membahas Mengenal Lebih Jauh tentang Web Browser !! pada artikel sebelumnya, pada artikel ini juga tak kalah penting untuk ketika kita belajar HTML yaitu pemilihan Software atau aplikasi yang sesuai porsi yang harus kita gunakan. Ibarat makan kita harus makan sesuai ukuran dan takaran yang sesuai ruang perut kita agar kita enak juga untuk melakukan aktifitas yang lain, sama halnya seperti kita belajar bahasa program kita harus menyesuaikan aplikasi yang kita gunakan agar kita enak dalam menjalankannya dan tak mengalami kesulitan dalam penggunaannya. Berikut pembahasannya :

Mengapa Kita Harus Memilih Aplikasi Editor HTML
Memilih sebuah aplikasi editor HTML tidaklah terlalu sulit. Aplikasi editor HTML digunakan untuk mempermudah kita membuat kode HTML. HTML sendiri pada dasarnya hanya text biasa yang ditulis dalam kode-kode khusus. Web Browser-lah yang akan menerjemahkan kode HTML ini menjadi sebuah tampilan halaman web.

Untuk membuat kode HTML maupun halaman web sederhana, kita tidak perlu menggunakan aplikasi yang besar dan memberatkan untuk Komputer atau Laptop kita, banyak software software yang berukuran kecil dan sangat ringan yang cukup bagi untuk belajar dalam mempelajari kode kode HTML.

Windows pun sudah memberikan secara langsung dalam fitur bawaannya yang juga bisa anda gunakan untuk mengedit kode kode HTML yaitu Notepad. Sedangkan secara khusus dalam penggunaan untuk melakukan edit kode yang berukuran ringan dan serupa seperti Notepad yaitu Notepad++ yang akan kami bahas salah satunya. Berikut beberapa rekomendasi software software beserta linknya yang bisa anda gunakan dalam melakukan pembelajaran kode kode HTML :

Notepad++



Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman.

Notepad++ didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Proyek ini dilayani oleh Sourceforge.net dengan telah diunduh lebih dari 27 juta kali dan dua kali memenangkan penghargaan SourceForge Community Choice Award for Best Developer Tool.


Dengan ukuran sekitar 2,8MB. Notepad++ merupakan aplikasi editor text gratis ringan namun memiliki banyak fitur. Salah satunya adalah fitur pewarnaan code (syntax highlighting). Fitur ini akan memudahkan penulisan HTML.

Berikut Link download yang bisa anda gunakan :

Komodo Edit


Komodo Edit adalah software yang ringan untuk mengedit program. Komodo Edit adalah alternative editor web selain Notepad++. Banyak fitur hebat yang ditawarkan untuk pengembangan HTML dan CSS. Selain itu, Anda bisa mendapatkan ekstensi untuk menambahkan dukungan bahasa atau fitur bermanfaat lainnya, seperti karakter khusus.

Komodo adalah software yang cemerlang sebagai editor HTML terbaik, tapi bagus untuk harganya, terutama jika Anda membangun XML yang benar-benar unggul. Komodo Edit bisa anda gunakan untuk pekerjaan dalam pengembangan XML, dan juga untuk mengedit HTML

Berikut Link download yang bisa anda gunakan :

Adobe Dreamweaver


Aplikasi Adobe Dreamweaver merupakan aplikasi web editor yang paling populer. Dreamweaver menyediakan fitur melimpah untuk sekedar membuat halaman web dengan kode HTML. Dreamwever tidak hanya sebuah text editor untuk HTML saja, namun juga untuk berbagai bahasa pemrograman web lainnya.

Adobe Dreamweaver adalah aplikasi desain dan pengembangan web yang menyediakan editor WYSIWYG visual (bahasa sehari-hari yang disebut sebagai Design view) dan kode editor dengan fitur standar seperti syntax highlighting, code completion, dan code collapsing serta fitur lebih canggih seperti real-time syntax checking dan code introspection untuk menghasilkan petunjuk kode untuk membantu pengguna dalam menulis kode. Tata letak tampilan Design memfasilitasi desain cepat dan pembuatan kode seperti memungkinkan pengguna dengan cepat membuat tata letak dan manipulasi elemen HTML. Dreamweaver memiliki fitur browser yang terintegrasi untuk melihat halaman web yang dikembangkan di jendela pratinjau program sendiri agar konten memungkinkan untuk terbuka di web browser yang telah terinstall.

Berikut Link download yang bisa anda gunakan :

Apapun text editor yang digunakan, sebenarnya tidak menjadi masalah. Karena selama text editor itu dapat menulis dan menyimpan text, aplikasi tersebut sudah lebih dari cukup sebagai editor HTML.

Sebagai alternatif, aplikasi text editor gratis lain yang bisa anda coba adalah Bracket, Atom, Aptana Studio, Eclipse atau Net Beans.

Setelah aplikasi web browser dan text editor telah tersedia dalam komputer, saatnya untuk mencoba menjalankan file HTML !!
Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Bijaklah saat Anda memberikan komentar atau kritik !!