Cara Menjalankan File HTML !



Kali ini kita akan melanjutkan materi selanjutnya yaitu materi awal dalam HTML yaitu menjalankan file HTML dasar. Ada beberapa fasilitas yang bisa kita gunakan, kita bisa memilih salah satu cara yang kita pelajari kali ini. Dimana cara untuk menjalankan file html, di artikel ini kita akan menjumpai dua cara yang pertama menjalankan langsung dan yang kedua dengan bantuan aplikasi yaitu Xampp. 

Cara Menjalankan File HTML

Untuk menjalankan file HTML kita harus sudah selesai menginstall aplikasi web browser dan juga aplikasi text editor, yang sebelumnya kita pelajari. Pertama kita harus membuat folder baru“Belajar HTML” di drive D:/ agar mempermudah dan tak bingung dalam mempelajarinya. Selanjutnya buka aplikasi editor kita yaitu Notepad++ boleh juga menggunakan aplikasi editor lainnya, lalu ketiklah teks dibawah ini bisa juga membuat teks sesuai keinginan Anda.
Belajar Program di Arm4nChannel
Setelah selesai simpanlah di folder yang sudah kita tentukan tadi dengan file > Save > D: > Belajar HTML > index.html. Selanjutnya kita hanya menjalankannya dengan klik kanan pada file index.html > Open With > Choose another app > pilih aplikasi web browser > centang Always use this app to open .html files (kalau kita ingin menggunakan browser yang kita pilih sebagai default files) > klik OK. Cara kedua yaitu dengan Open With > pilih web browser.


Dari percobaan ini kita dapat melihat bahwa setiap halaman HTML harus diakhiri dengan ekstensi .html. Anda mungkin juga akan menemukan beberapa halaman juga memiliki ekstensi .htm, ekstensi ini digunakan untuk mendukung Windows versi lama yang masih menggunakan ekstensi 3 huruf di belakang sebuah file.

Apa yang kita lakukan disini adalah menjalankan file HTML dari komputer lokal. Perhatikan bagian alamat pada web browser, diawali dengan “file:///” lalu diikuti dengan alamat file HTML yang disimpan dalam komputer, misalnya: “D:/BelajarHTML/hello.html“. Artinya, kita tidak mesti online untuk membuat dan menjalankan file HTML.
Setelah mempelajari cara menjalankan file HTML dari komputer lokal, Pada tutorial selanjutnya, kita akan mulai mempelajari kode-kode HTML, yakni Pengertian tag, elemen, dan atribut dalam HTML !!




Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Bijaklah saat Anda memberikan komentar atau kritik !!