Pengertian Tag, Elemen, dan Atribut pada HTML !



Setelah berhasil menjalankan file HTML pada web browser, Sangat penting bagi kita untuk mengetahui pengertian Tag, Attribut, dan Element, sebagai menambah ilmu dan wawasan sebagai programmer mudah ataupun dewasa. Untuk itu kita langsung bahas saja lebih lanjut tentang artikel ini.

Pengertian Tag pada HTML

Tag adalah salah satu cara untuk memberitahukan web browser yang akan dijalankan atau diperintahkan mau itu perintah memunculkan teks, gambar, maupun video.  Apakah text itu ditulis sebagai sebuah paragraf, list, atau sebagai link. Dalam HTML, tanda ini dikenal dengan istilah tag.

Hampir semua tag di dalam HTML ditulis secara berpasangan, yakni tag pembuka dan tag penutup, dimana objek yang dikenai perintah tag berada di antara tag pembuka dan tag penutup. Objek disini dapat berupa text, gambar, maupun video. Penulisan tag berada di antara dua kurung siku: “<” dan “>”. Tapi juga ada yang tidak memiliki pasangan seperti tag <hr> dan <br>.

Di dalam tag memiliki objek yang dikenal sebagai perintah untuk menjalankannya di web browser. Objek itu bisa dimaksud berupa teks, gambar, link, video, atau yang lainnya.

Berikut format dalam penulisan tag : 
<tag_pembuka>objek perintah pada tag</tag_penutup>
Untuk lebih jelas silahkan lihat contoh di bawah ini :
<h2>Belajar di https://arm4ntm.blogspot.co.id/</h2>

Keterangan :

  • tag h2 yang berfungsi sebagai judul
  • <h2> merupakan tag pembuka 
  • </h2> sebagai tag penutup. Perbedaan keduanya terletak pada tanda forward slash “/”
  • kalimat “Belajar di https://arm4ntm.blogspot.co.id/” merupakan objek yang diperintahkan oleh tag


Ini adalah contoh untuk anda yang ingin menuliskan HTML dengan format tebal, miring :
<p>Ini adalah sebuah paragraf. <i>Hanya kumpulan beberapa kalimat</i>.
Paragraf ini terdiri dari <b>3 kalimat</b></p>.
Hasil dari kode HTML diatas, diterjemahkan oleh browser menjadi:

“Ini adalah sebuah paragraf. Tidak lain dari kumpulan beberapa kalimat. Paragraf ini terdiri dari 3 kalimat.”

Tag <i> pada kode HTML diatas memberikan perintah kepada browser untuk menampilkan text secara garis miring (i, singkatan dari italic), dan tag <b> untuk menebalkan tulisan (b, singkatan dari bold).

Sebagai Catatan yang diperhatikan pada Penulisan Tag :

Terdapat pengecualian beberapa tag yang tidak berpasangan, seperti <br> untuk break (pindah baris) atau <hr> untuk horizontal line (garis horizontal). Tag ini dikenal juga dengan sebutan self closing tag atau void tag, untuk penulisannya bisa ditulis dengan <br>,  maupun <br/>.

HTML tidak case-sensitif, dalam artian penulisan <p> dianggap sama dengan <P>. Pada awal kemunculan HTML, programmer web umumnya menggunakan huruf besar untuk seluruh tag agar membedakan dengan text yang berupa isi dari web. Namun varian HTML, xHTML mewajibkan huruf kecil untuk semua tag.
Dalam HTML5, aturan ini kembali tidak diharuskan. Akan tetapi kebiasaan web programmer saat ini adalah menggunakan huruf kecil untuk seluruh tag.

Pengertian Element pada HTML

Element adalah isi dari tag yang berada diantara tag pembuka dan tag penutup, termasuk tag itu sendiri dan atribut yang dimilikinya (jika ada). Di element sendiri memiliki beberapa perintah misalnya untuk menampilkan format teks, membuat tabel, membuat list, dan lainya. Berikut format dasar yang harus diketahui :
<p> ini merupakan element paragraf </p>
Format di atas adalah contoh dari element p. untuk lebih mendalami cara menggunakan element kita bisa membuat garis miring (i) dan garis bawah (u). Silahkan kita lihat sebagai berikut:
<p>belajar penggunaan<i>element</i>di<u>Arm4nChannel</u></p>
Pengertian Atribut pada HTML

Attribut adalah informasi tambahan yang diberikan kepada tag dengan tujuan perintah yang akan ditampilkan di web browser. Informasi ini bisa berupa tempat tata letak paragraf, tabel, teks bergerak, warna, ukuran teks, dan masih banyak yang lainnya. Setiap atribut memiliki pasangan nama dan nilai (value) yang ditulis dengan name=”value”. Value diapit tanda kutip, boleh menggunakan tanda kutip satu (‘) atau dua (“). Berikut contoh Atribut pada HTML :

<a href="https://arm4ntm.blogspot.co.id/">ini adalah sebuah link</a>
Pada kode HTML diatas, href=”https://arm4ntm.blogspot.co.id/” adalah atribut. href merupakan nama dari atribut, dan https://arm4ntm.blogspot.co.id/ adalah value atau nilai dari atribut tersebut.

Tidak semua tag membutuhkan atribut, tapi anda akan sering melihat sebuah tag dengan atribut, terutama atribut id dan class yang sering digunakan untuk manipulasi halaman web menggunakan CSS maupun JavaScript.

HTML memiliki banyak atribut yang beberapa diantaranya hanya cocok untuk tag tertentu saja. Sebagai contoh, atribut “href” diatas hanya digunakan untuk tag <a> saja (dan beberapa tag lain).

Setelah anda memahami materi Pengertian Tag, Elemen, dan Atribut pada HTML !, untuk materi selanjutnya HTML dasar, kita akan mempelajari tentang Struktur Dasar Halaman HTML !!



Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Bijaklah saat Anda memberikan komentar atau kritik !!