Mengenal Lebih Jauh tentang Web Browser !



Setelah anda belajar pada materi awal yaitu Mengenalan Apa itu HTML !!, pada materi ini saya akan memberikan sebuah artikel berkaitan Web Browser.

Setiap pengguna internet pasti sudah familiar dengan istilah web browser karena hampir setiap kali membuka situs dalam internet pengguna menggunakan aplikasi atau software ini. Tapi sudah tahukah Anda pengertian web browser itu sendiri?

Pengertian Web Browser



Web Browser (atau biasa disebut browser) adalah sebuah software aplikasi untuk menerima,  menampilkan, dan menerjemahkan informasi dari world wide web (www).

Meskipun penjelajah web terutama ditujukan untuk mengakses Internet, sebuah penjelajah juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web dalam jaringan pribadi atau berkas pada sistem berkas. Dan salah satu informasi itu dibuat dalam format HTML.

Kode HTML yang kita buat akan diterjemahkan oleh web browser agar tampil seperti yang dirancang. HTML dirancang dan diatur oleh sebuah badan standarisasi dunia yang khusus menangani web, yaitu W3C (World Wide Web Consortium). Hal ini dikarenakan tiap-tiap program web browser menerjemahkan kode-kode HTML secara berbeda-beda, sehingga di perlukan sebuah standar yang sama untuk seluruh browser.

Pada Internet Explorer tidak sepenuhnya mengikuti rekomendasi W3C. Sedangkan web browser Opera yang mencoba menerapkan standar W3C.

Penggunaan Web Browser terbanyak


Saat melakukan browsing, pengguna internet paling banyak menggunakan perangkat mobile (smartphone) sebesar 89,9 juta atau 67,8%. Tentu ini harus menjadi perhatian para pemilik website agar membuat website yang mobile friendly atau responsive. Sedangkan browser yang paling banyak digunakan adalah Google Chrome sebesar 66,6%. Ini tentu bisa dipahami karena sebagian besar smartphone menggunakan operating system Android milik Google.

Fungsi Web Browser

Untuk mempelajari HTML, web browser adalah perangkat utama yang kita butuhkan. Ibarat bahasa pemrograman lainnya, Web Browser adalah compiler dan intrepreter HTML. Anda bebas menggunakan web browser yang disukai.

Berikut kami sertakan Link Download pada masing masing gambar nama browser yang anda inginkan !!

            

Apabila anda seorang web depelover bisa menggunakan Firefox Versi “Firefox Developer Edition“


Selain web browser, aplikasi lain yang kita butuhkan untuk mempelajari HTML adalah sebuah text editor, untuk mengetahui pemilihan yang baik dan benar dalam memilih Text Editor yang akan dipilih. Memilih Aplikasi Editor HTML dengan Benar !!
Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Bijaklah saat Anda memberikan komentar atau kritik !!