Cara Menulis Persamaan Matematis di dalam HTML (tag sup dan tag sub) !



Bagi anda yang mempunyai web dan menulis tentang matematika penggunaan tag ini merupakan hal yang penting bagi anda dalam menulis artikel artikel yang dibawakan. penggunaan pada penulisan pangkat dan penulisan rumus kimia membutuhkan format khusus yang telah disediakan oleh HTML.

Perbedaan tag sup dan tag sub

Tag <sup> adalah singkatan dari superscript, yaitu sebutan untuk karakter kecil diatas text. Umumnya superscript digunakan didalam persamaan matematika seperti dalam pembuatan pangkat. Dalam angka 32 , angka 2 adalah superscript. Penulisan HTML untuk hal ini adalah 3<sup>2</sup>.

Tag <sub> adalah singkatan untuk Subscript. Subscript adalah penyebutan untuk karakter kecil yang diletakkan sedikit di bawah baris karakter normal. Biasanya subscript digunakan untuk formula kimia seperti H2O. H2O di dalam tag HTML ditulis dengan H<sub>2</sub>O.

Cara Menggunakan tag sup dan tag sub

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>RuangIlmu</title>
</head>

<body>
<h3>Cara Penggunaan tag <sub> dan tag <sup></h3>
<p>3<sup>2</sup> + 5<sup>3</sup> = 9 + 125 = 134</p>
<p>Dalam rumus kimianya, air ditulis sebagai H<sub>2</sub>O</p>
</body>

</html>

Untuk membuat efek yang sama seperti tag <sub> dan tag <sup> melalui CSS agak sedikit sulit, karena CSS tidak memiliki style khusus untuk superscript dan subscript. Untuk membuat efeknya, anda bisa menggabungkan beberapa ‘trik’ seperti berikut ini untuk mendapatkan efek superscript di CSS:

position: relative; top: -0.5em; font-size: 80%;

Baik tag <sup> maupun tag <sup> kemungkinan akan jarang kita gunakan, kecuali jika anda membuat artikel matematika atau kimia. Untuk persamaa matematika yang cukup rumit, harus menggunakan bahasa pemrograman web lain seperti JavaScript dan menggunakan notasi LaTeX.
Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Bijaklah saat Anda memberikan komentar atau kritik !!