Cara Membuat Huruf Tebal dalam HTML (tag b dan tag strong) !



Sama halnya dengan cara membuat huruf miring di HTML, ada 2 cara juga untuk membuat huruf tebal di HTML.

Cara pertama menggunakan tag <b>. Dan, cara kedua menggunakan tag <strong>. Terkadang, kita perlu menebalkan suatu kata untuk penekanan dan penegasan di kata tersebut.

Mengenal Tag <b> dan <strong>

Pada masa-masa awal perkembangan web, CSS pada saat itu belum berkembang seperti sekarang, sehingga keperluan untuk mengubah atau mempercantik halaman web, ditangani langsung oleh HTML.

Tag <b> adalah singkatan dari bold yang di dalam aplikasi pemrosesan text berarti huruf tebal. Sama seperti alasan pada tag <i>, pada saat era xHTML, tag <b> juga disarankan untuk tidak digunakan lagi, karena tag yang menangani tampilan seharusnya digantikan dengan CSS.

xHTML kemudian menyediakan tag <strong> yang berarti “strong importance” untuk menggantikan penggunaan tag <b>. Tag <strong> digunakan pada bagian text yang perlu penekanan khusus seperti instruksi, atau kalimat penting. Web browser akan menampilkan tag <strong> dengan huruf tebal.

Pada saat HTML5 keluar, tag <b> kembali di ‘restui’ menjadi tag resmi HTML, namun dengan tujuan sebagai “stylistically offset”, atau penggunaannya adalah untuk menandai kata kunci atau nama produk yang dirasa perlu untuk ditulis berbeda dengan text di sekelilingnya.

Cara Menggunaan Tag <b> dan <strong>

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>RuangIlmu</title>
</head>

<body>
<p>RuangIlmu adalah <b>situs belajar</b></p>
<p>RuangIlmu adalah <strong>situs belajar</strong></p>
</body>

</html>


Next
Previous
Click here for Comments

0 komentar:

Bijaklah saat Anda memberikan komentar atau kritik !!